KBEonline.id – Dalam beberapa waktu terakhir, marak terjadi kasus penipuan yang mengatasnamakan Primaya Hospital Karawang, dimana para korban diminta untuk membayar biaya yang tidak berasal dari rumah sakit.
Menyikapi situasi ini, Primaya Hospital Karawang mengambil langkah proaktif untuk melindungi pasien dan masyarakat dari tindakan penipuan yang merugikan.
Sejak didirikan pada April 2020, Primaya Hospital Karawang telah berkomitmen untuk selalu mengedepankan keselamatan pasien serta memberikan layanan kesehatan berkualitas PRIMA.
Baca Juga:Pemkab Karawang Tetapkan Penyesuaian Perubahan Jam Kerja Baru Selama Ramadan 1446 HIndomaret dan Unilever Indonesia Lakukan Bersih-Bersih Masjid dalam Rangkaian Gerakan Masjid Bersih 2025Â
“Kami memahami bahwa keselamatan dan kepercayaan masyarakat adalah hal yang sangat penting, oleh karena itu kami berupaya untuk mengedukasi pasien dan keluarga mengenai prosedur yang benar saat melakukan transaksi di rumah sakit,” ungkap Direktu Primaya Hospital Karawang, Dr. Winardi Fadilah, MMRS, AIFO-K dalam keterangannya, Senin (10/3).
Edukasi Pasien dan Keluarga
Pihaknya mengingatkan seluruh pasien dan keluarga bahwa setiap transaksi pembayaran di Primaya Hospital Karawang hanya dilakukan melalui satu pintu administrasi saat pasien masuk perawatan.
“Kami juga menyarankan agar tidak memberikan informasi pribadi atau melakukan pembayaran kepada pihak yang tidak jelas,” katanya.
Untuk meningkatkan kesadaran, Primaya Hospital Karawang sudah menyampaikan imbauan melalui pemberitahuan suara dari jaringan speaker (paging) yang ada dirumah sakit setiap periode tertentu. Dia percaya bahwa informasi yang jelas dan tepat waktu dapat membantu masyarakat untuk lebih waspada terhadap modus-modus penipuan yang kian canggih.
Peningkatan Keamanan Sistem
Dalam upaya melindungi data dan informasi pasien, Primaya Hospital Karawang juga melakukan pembaruan pada sistem keamanan data rumah sakit secara periodik dan selalu update.
“Kami berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan informasi pasien dan memastikan bahwa data yang kami miliki terlindungi dengan baik,” jelasnya.
Pembuatan Selebaran Himbauan
Sebagai bagian dari kampanye kesadaran ini, Primaya Hospital Karawang juga sudah membuat selebaran himbauan yang disebarluaskan di area-area tertentu yang dapat dibaca dan dilihat baik oleh pengunjung, keluarga pasien ataupun pasien itu sendiri.
Baca Juga:Puluhan Anak Jalanan dan PPKS Terjaring Razia Satpol PP KarawangAde Kuswara Siapkan Program Unggulan, 100 Hari Kerja Dimulai Prioritaskan Infrastruktur dan Kesejahteraan Â
Selebaran ini berisi informasi terkait transaksi hanya dilakukan dengan nomor rekening resmi Primaya Hospital Karawang serta informasi kontak handphone khusus pelaporan jika ada yang mengatasnamakan petugas rumah sakit untuk meminta membayarkan biaya tertentu.